28 Apr 2013

Pengertian Kesehatan Masyarakat


menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun 1948  menyebutkan bahwa pengertian kesehatan adalah sebagai “suatu keadaan fisik, mental, dan sosial kesejahteraan dan bukan hanya ketiadaan penyakit atau kelemahan”
Undang-undang No.23 Tahun 1992 Tentang Kesehatan kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.
Kamus besar bahasa Indonesia Masyarakat adalah sejumlah manusia dl arti seluas-luasnya dan terikat oleh suatu kebudayaan yg mereka anggap sama.
Kamus besar bahasa Indonesia ilmu kesehatan masyarakat ilmu tentang pencegahan penyakit, pemerpanjangan hidup, serta peningkatan kesehatan dan efisiensinya melalui organisasi yg resmi.

Prof. Dr. Soekidjo Notoatmodjo. Prinsip-Prinsip Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat. Cet. ke-2, Mei. Jakarta : Rineka Cipta. 2003 Kesehatan Masyarakat (Public Health) adalah Ilmu dan Seni : mencegah penyakit, memperpanjang hidup, dan meningkatkan kesehatan, melalui “Usaha-usaha Pengorganisasian masyarakat “ untuk
1.    Perbaikan sanitasi lingkungan
2.    Pemberantasan penyakit-penyakit menular
3.    Pendidikan untuk kebersihan perorangan
4.    Pengorganisasian pelayanan-pelayanan medis dan perawatan untuk diagnosis dini dan pengobatan.
5.    Pengembangan rekayasa sosial untuk menjamin setiap orang terpenuhi kebutuhan hidup yang layak dalam memelihara kesehatannya.

Acheson (1988) Kesehatan Masyarakat adalah ilmu dan seni memelihara, melindungi dan meningkatkan kesehatan masyarakat melalui usaha-usaha pengorganisasian masyarakat.

Institute of medicine (1988) Bagi kita, sebagai masyarakat, melakukan secara bersama untuk memastikan kondisi di mana orang bisa sehat

C.E.A Winslow (1920) Definisi ilmu kesehatan masyarakat  adalah ilmu dan seni mencegah penyakit, memperpanjang hidup, meningkatkan kesehatan fisik dan mental, dan efisiensi melalui usaha masyarakat yang terorganisir untuk meningkatkan sanitasi lingkungan, kontrol infeksi di masyarakat, pendidikan individu tentang kebersihan perorangan, pengorganisasian pelayanan medis dan perawatan, untuk diagnosa dini, pencegahan penyakit dan pengembangan aspek sosial, yang akan mendukung agar setiap orang di masyarakat mempunyai standar kehidupan yang adekuat untuk menjaga kesehatannya.

Gostin (2001) Suatu kewajiban bagi lembaga publik untuk menjamin kondisi bagi kesehatan masyarakat.

Rothstein (2002) kesehatan masyarakat adalah suatu intervensi pemerintah untuk  kesehatan publik, melibatkan pejabat yang akan mengambil tindakan yang tepat sesuai dengan kewenangan hukum yang spesifik, untuk melindungi kesehatan masyarakat. Elemen kunci dalam kesehatan masyarakat adalah peran  serta pemerintah, sebagai pemegang kekuasaan dan pemegang keputusan  untuk memerintahkan  atau mejalakan peraturan, untuk menghilangkan ancaman atau peluang yang dapat menggangu kesehatan publik.

Childress et al. (2002) kesehatan masyarakat  adalah, terutama yang bersangkutan dengan kesehatan seluruh penduduk, bukan kesehatan individu. Bagian-bagian itu  termasuk penekanan pada promosi kesehatan dan pencegahan penyakit dan kecacatan,, pengumpulan dan penggunaan data epidemilogical, survey  populasi, dan bentuk lain dari assesment kuantitatif empiris,  dan sebuah pengakuan sifat multidimensi faktor penentu kesehatan serta  fokus pada interaksi yang kompleks dari banyak factor yakni  biology, perilaku, sosial dan lingkungan dalam mengembangkan intervensi yang efektif.

James A. Tobey (1926) Kesehatan masyarakat bukanlah cabang kedokteran, namun ilmu itu sendiri, yang, bagaimanapun, obat pencegahan merupakan kontributor penting.
Cheers,
FR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar